Monday, February 7, 2011

Perbedaan UU dengan Perpu

Di dalam hierarkhi peraturan perundang-undangan yang terdapat dalam Pasal 10 UU No. 10 Tahun 2004, posisi Undang-undang dengan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang (Pepu) adalah sederajat. Namun, pada dasarnya UU dan Perpu tersebut memiliki persamaan dan perbedaan, persamaan Perppu dengan Undang-undang yaitu baik Undang-Undang maupun Perpu mengatur materi yang sama dan memiliki kekuatan yang sama, sedangkan perbedaan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) dengan Undang-undang diantaranya:

1. Pembentukan Undang-Undang harus melalui kesepakatan bersama antara presiden dengan DPR, sedangkan Perpu, lembaga pembentukannya yaitu Presiden (Presiden dalam kapasitasnya sebagai kepala negara).
2. Undang-Undang tidak memiliki masa batas waktu dan akan terus berlaku jika undang-undang tersebut belum, sedangkan Perpu sifatnya hanya sementara (paling lama hanya 1 tahun, dan kemudian harus dikaji ulang oleh DPR, bisa kemudian ditetapkan sebagai undang-undang ataupun tidak).
3. Undang-Undang dibentuk dalam keadaan yang normal (tidak sedang terjadi apa-apa), sedangkan Perpu dibentuk karena diasumsikan negara sedang dalam keadaan kacau atau abnormal.
4. Pengawasan Undang-Undang melalui mekanisme judicial review, sedangkan Perpu pengawasannya melalui mekanisme political review.


dipetik dari: http://nvy03.blogspot.com/2010/07/perbedaan-uu-dengan-perppu.html#comment-form

No comments:

Post a Comment