Monday, February 7, 2011

Pengertian Addendum

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, Addendum adalah istilah dalam kontrak atau surat perjanjian yang berarti tambahan klausula atau pasal yang secara fisik terpisah dari perjanjian pokoknya namun secara hukum melekat pada perjanjian pokok itu.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia v.1.0 (perangkat lunak) arti dari adendum adalah Jilid Tambahan pada buku/lampiran, ketentuan atau pasal tambahan misalnya akta.

Jika kata Addendum diartikan secara harvia kata tersebut berarti “Tambahan”. Kata addendum selalu berhubungan dengan appendix.

Menurut Frans Satriyo Wicaksono, SH dalam buku “Panduan Lengkap Membuat Surat-Surat Kontrak” disebutkan jika pada saat kontrak berlangsung ternyata terdapat hal-hal yang belum cukup diatur dalam kontrak tersebut, dapat dilakukan musyawarah untuk suatu mufakat akan hal yang belum diatur tersebut. Untuk itu ketentuan atau hal-hal yang belum diatur tersebut harus dituangkan dalam bentuk tertulis sama seperti kontrak yang telah dibuat. Pengaturan ini umum ini umum disebut dengan addendum atau amandemen.

No comments:

Post a Comment