Thursday, February 25, 2010

Himpunan

Definisi : Kumpulan obyek atau apa pun yang didefinisikan dengan jelas.
Notasi :
1. Himpunan dinyatakan dengan huruf kapital/besar.
2. Elemen (anggota) suatu himpunan digunakan huruf kecil.

Operasi-operasi pada Himpunan
Ada beberapa cara untuk membuat suatu himpunan dari himpunan sebelumnya. Berikut adalah operasi yang berlaku pada himpunan.
Union (Gabungan)
Dua buah himpunan dapat “digabung” membentuk suatu himpunan yang baru. Gabungan (union) dari A dan B, dinotasikan A U B, adalah himpunan yang anggotanya adalah seluruh anggota A dan atau anggota B.
Irisan dan Gabungan Dua Himpunan
IRISAN DAN GABUNGAN DUA HIMPUNAN
Apakah kita dapat menyelesaikan masalah – masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan kita tentang himpunan, khususnya irisan dan gabungan dua himpunan? Ya, tentu saja kita dapat menyelesaikan permasalahan …
Kompetensi
* Siswa dapat mengklasifikasikan suatu himpunan
* Siswa dapat menggunakan irisan dua himpunan untuk memecahkan masalah
* Siswa dapat menggunakan gabungan dua himpunan untuk memecahkan masalah.
1. Pengantar
Apakah kita dapat menyelesaikan masalah – masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan kita tentang himpunan, khususnya irisan dan gabungan dua himpunan?
Ya, tentu saja kita dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yang berkaitan dengan kelompok atau himpunan dengan apa yang akan kita dapat berikut ini.
Konsep tentang himpunan pertama kali dikemukakan oleh seorang matematikawan berkebangsaan Jerman, yaitu Georg Cantor ( 1845 – 1918). Konsep tentang himpunan sampai saat ini sangat bermanfaat untu menyelesaikan soal-soal cerita yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga John Venn (1834 – 1923), seorang matematikawan berkebangsaan Inggris, berjasa menemukan diagram Venn yang sangat membantu kita memahami himpunan.
2. Definisi Himpunan
1. Himpunan adalah kumpulan benda-benda atau obyek yang dapat didefinisikan dengan jelas.
Konsep tentang himpunan pertama kali dikemukakan oleh seorang matematikawan
Penjelasan:
1. Obyek pada himpunan warna lampu lalu lintas dapat didefinisikan dengan jelas, yaitu merah, kuning dan hijau.
1. Obyek pada kumpulan bilangan prima kurang dari 10 adalah 2, 3 ,5 dan 7.
2. Obyek pada himpunan I adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9
3. Obyek pada himpuanan H sudah jelas yaitu 1, 3, 5 dan 6
2. Yang bukan merupakan himpunan adalah:
1. Kumpulan warna yang menarik
2. Kumpulan lukisan yang indah
3. Kumpulan siswa yang pintar
4. Kumpulan rumah bagus
Penjelasan:
Obyek-obyek pada kumpulan-kumpulan tersebut tidak dapat didefinisikan dengan jelas, karena batasannya tidak jelas dan penafsirannya dapat berbeda-beda.
Definisi anggota himpunan:
Setiap benda atau obyek yang termasuk dalam suatu himpunan disebut anggota atau elemen dan dilambangkan dengan ““, sedang untuk menyatakan bahwa suatu benda atau obyek bukan anggota suatu himpunan digunakan lambang ““.
Keadaan tersebut dapat digambarkan dalam bentuk diagram yang disebut diagram Venn. Diagram ini dikemukakan pertama kali oleh John Venn (1834 – 1923), seorang matematikawan berkebangsaan Inggris.
S = himpunan semesta digambarkan dalam bentuk persegi panjang
P dan Q yang merupakan himpunan yang termuat di dalam himpunan semesta (S) digambarkan dalam bentuk kurva tertutup sederhana.
Setiap anggota himpunan S, P dan Q ditandai dengan sebuah noktah dan nama anggotanya ditulis berdekatan dengan noktahnya.

Globalisasi Ekonomi

1.) Diskripsi Sebelum Masa Globalisasi Ekonomi
Pada masa prasejarah, kita belum mengenal uang dan arti penting perdagangan. Kita menggunakan uang barang (garam, tembakau dll) dan barter untuk melakukan aktivitas ekonomi. Lambat laun uang barang dan barter tersisihkan oleh uang koin yang ditemukan oleh bangsa Romawi. Koin ciptaan peradaban Romawi ini terbuat dari perak dan emas, koin ini berlaku di seluruh Eropa, Timur Tengah sampai China sebagai alat pembayaran. Uang kertas pertama muncul pertama kali di Eropa dalam bentuk surat bukti dari Bank. Sistem uang kertas ini dicontoh dan dikembangkan di China.

Alasan :
Melakukan transaksi dengan uang barang dan barter kuang efektif. Karena, sulit menentukan harga barang, uang barang tidak bertahan lama, uang barang sulit dibawa, dan tidak mudah menemukan pembeli-penjual yang cocok.


Bukti :
a.) Menyebarnya uang logam dari Romawi dan uang kertas dari Eropa ke penjuru dunia menandakan adanya hubungan ekonomi antar kerajaan di dunia, walaupun hanya mencakup wilayah tertentu.

b.) Ditemukannya koin-koin Romawi kuno di Babilonia dan wilayah Arab.
c.) Sejarah kerajaan-kerajaan hindu-budha yang selalu menceritakan hubungan perdagangan dengan negeri china.

2.) Deskripsi Era Globalisasi Ekonomi
Perdagangan dunia sudah modern dengan diawali ditemukannya sistem mata uang(kurs) tiap negara. Hubungan antar negara sudah tertata dan bersistem, artinya sudah ada peraturan-peraturan yang disepakati secara Internasioanal yang mendukung dan melindungi kegiatan-kegiatan perdagangan Internasional. Dengan begitu, setiap negara yang berhubungan langsung atau tidak, pasti saling mempengaruhi keadaan Ekonomi satu sama lain.

Alasan :
Adanya hubungan Ekonomi antar negara baik Bilateral maupun Multilateral. Dalam hal ini tidak mungkin suatu negara mengasingkan diri dari dunia Internasional karena dapat mengakibatkan perekonomian dalam negeri terpuruk dengan tidak adanya kegiatan ekspor-impor, penjualan valas dan investasi asing.

Bukti :
a.) Perdagangan bebas antara ASEAN dengan China.

b.) Ikutnya Indonesia dalam organisasi-organisasi Ekonomi di dengan negara lain. Contohnya: FAO, OPEC, IMF, Groub of 20, World Bank, dll.
c.) Ekspor Indonesia ke negara-negara Eropa yang berupa kayu, minyak kelapa sawit dan karet.

3.) Pentingnya Globalisasi Ekonomi
Tentunya dalam kehidupan ekonomi, Indonesia tidak lepas dari hubungan Internasional baik bilateral maupun multilateral. Globalisasi sangatlah penting, Indonesia sebagai negara yang kaya akan bahan mentah (berupa tambang atau hasil perkebunan), belum mampu sepenuhnya untuk mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi. Sebaliknya, beberapa negara yang tidak mempunyai bahan mentah tetapi secara keuangan dan SDM mampu untuk mengelolanya menjadi barang jadi. Sehingga, sangat perlu diadakannya kerja sama antar negara tersebut agar tercipta keadaan yang saling menguntungkan. Dalam hal ini, globalisasi ekonomi dapat berupa kegiatan ekspor-impor, investasi, penjualan valas dan pengiriman tenaga kerja.

4.) Hambatan dalam Menghadapi Globalisasi Ekonomi

a. Biaya ekspor-impor mahal terkendala jarak dan biaya angkutan barang.
b. Pemungutan pajak dan Bea Cukai.
c. Perbedaan kurs mata uang.
d. Tidak stabilnya nilai tukar suatu mata uang dengan mata uang lain.
e. Banyaknya persaingan produk dalam negeri dan luar negeri.
f. Masyarakat belum mampu bersaing dengan produk luar negeri.
g. Hubungan diplomatis yang tidak harmonis.
h. Belum tersebarnya uang secara sempurna ke pelosok-pelosok negeri.
i. Ketakutan negara-negara untuk saling membuka jalur perdagangan saat krisis.

5.) Dampak Globalisasi Ekonomi

a.) Dampak Positif
1. Kualitas Sumber Daya Manusia meningkat.
2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi masyarakat meningkat.
3. Jumlah produksi meningkat.
4. Tersediannya lapangan kerja.
5. Taraf hidup/kesejahteraan masyarakat meningkat.
6. Pendapatan perkapita meningkat.
7. Dapat memperoleh barang konsumtif dengan mudah dan murah.

b.) Dampak Negatif
1. Keberadaan pasar tradisional teracam dengan adanya Supermarket yang lebih nyaman, higienis dan bersaing.
2. Pengangguran akan terjadi jika perusahaan multinasional memindahkan usahanya ke negara lain dengan alasan birokrasi, keamanan dan pajak.
3. Masalah sosial dikarenakan pengangguran. Seperti meningkatnya kriminalitas.
4. Lapangan pekerjaan semakin sedikit.
5. Perusaan multinasional mengancam perusahaan dalam negeri terutama perusahaan kecil.
6. Dengan adanya globalisasi Ekonomi tentunya menuntut diadakannya pasar bebas dan terbuka, hal ini mengancam produk-produk dalam negeri sehingga dapat berujung pada kebangkrutan suatu perusahaan.
7. Menuntun masyarakat berpola hidup konsumtif.
8. Situasi Ekonomi luar negeri mempengaruhi situasi Ekonomi dalam negeri. Contohnya krisis pada Amerika yang berdampak terhadap negara-negara Eropa dan Asia.

6.) Sikap Kita Terhadap Globalisasi Ekonomi
Yang harus kita lakukan dalam mengahadapi globalisasi ekonomi yaitu mengambil pilihan dengan cermat dan tepat. Karena semakin majunya globalisasi ekonomi maka masyarakat semakin konsumtif terhadap kebutuhan sehari-hari. Dari tingkat konsumtif yang tinggi itu, maka masyarakat akan mudah memakai produk luar negeri yang lebih modern dari produk dalam negeri. Hal itu akan menyebabkan produk dalam negeri tersaingi dan tertinggal jauh oleh produk luar negeri.
Untuk semua itu, semua produk dalam negeri harus meningkatkan kualitas dengan mengikuti perkembangan zaman. Jika semua itu telah dilakukan maka pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkat. Dengan itu masyarakat tidak lagi bergantung terhadap produk luar negeri meskipun sebagian masyarakat masih menggunakan produk luar negeri.

Simbiosis & Antibiosis

SIMBIOSIS
Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.
Ada beberapa bentuk simbiosis yakni:
• Simbiosis parasitisme di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contoh:
o tanaman benalu dengan inangnya,tali putri dan inangnya
• Simbiosis mutualisme adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Contohnya:
o Ikan Remora dan Ikan Hiu
o Bunga Sepatu dan Lebah
o Burung Jalak dan Kerbau.
o kupu-kupu dan bunga
• Simbiosis komensalisme di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan. Contoh:
o ikan badut dengan anemon laut
o tumbuhan pakis atau anggrek dan tumbuhan inangnya.
Simbiosis dapat dibedakan menjadi dua kategori berbeda.
• Ektosimbiosis
• Endosimbiosis

ANTIBIOSIS
Antibiosis adalah penghambatan perkembangan suatu populasi akibat pembentukan (pengeluaran) zat racun oleh populasi lain
Contoh antibiosis interaksi antara jamur Penicillium dengan jenis mikroorganisme lain,jamur Penicillium mengeluarkan antibiotik yang dapat menghambat atau mematikan mikroorganisme lain yang hidup di sekitarnya.
Sistim antibiosis juga terdapat pada tumbuhan yang mengeluarkan racunnya yang disebut dengan Alelopati,Tumbuhan yang mengeluarkan racun itu akan berhasil dalam kompetisi,terutama dalam mendapatkan makanan dan cahaya matahari,Contoh alelopati adalah tumbuhan kamboja dan pohon gamal yang mengeluarkan zat racun yang dapat mematikan rumput atau tumbuhan lain di sekitarnya.

Rekayasa Reproduksi

1. Kultur jaringan

Pelaksanaan teknik kultur jaringan bertujuan untuk memperbanyak jumlah tanaman. Tanaman yang dikultur biasanya adalah bibit unggul. Dengan teknik ini, kita bisa mendapatkan keturunan bibit unggul dalam jumlah yang banyak dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Kultur jaringan sebenarnya memanfaatkan sifat totipotensi yang dimiliki oleh sel tumbuhan. Totipotensi yaitu kemampuan setiap sel tumbuhan untuk menjadi individu yang sempurna. Teori totipotensi ini dikemukakan oleh G. Heberlandt tahun 1898. Dia adalah seorang ahli fisiologi yang berasal dari Jerman. Pada tahun 1969, F.C. Steward menguji ulang teori tersebut dengan menggunakan objek empulur wortel. Dengan mengambil satu sel empulur wartel, F.C. Steward bisa menumbuhkannya menjadi satu individu wortel. Pada tahun 1954, kultur jaringan dipopulerkan oleh Muer, Hildebrandt, dan Riker. Kultur jaringan memerlukan pengetahuan dasar tentang kimia dan biologi. Pada teknik ini kamu hanya membutuhkan bagian tubuh dari tanaman. Misalnya batang hanya seluas beberapa millimeter persegi saja. Jaringan yang kamu ambil untuk dikultur disebut eksplan. Biasanya, yang dijadikan eksplan adalah jaringan muda yang masih mampu membelah diri. Misalnya ujung batang, ujung daun, dan ujung akar.

Keuntungan dari kultur jaringan adalah:
1. Dalam waktu singkat dapat menghasilkan bibit yang diperlukan dalam jumlah banyak.
2. Sifat tanaman yang dikultur sesuai dengan sifat tanaman induk.
3. Tanaman yang dihasilkan lebih cepat berproduksi.
4. Tidak membutuhkan area tanam yang luas.
5. Tidak perlu menunggu tanaman dewasa, kita sudah dapat membiakkannya.

2. Kloning

Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik. Kloning ditemukan pada tahun 1997 oleh Dr. Ian Willmut seorang ilmuan Skotlandia dengan menjadikan sebuah sel telur domba yang telah direkayasa menjadi seekor domba tanpa ayah atau tanpa perkawinan. Domba hasil rekayasa ilmuan Skotlandia tersebut diberi nama Dolly. Cara kloning domba Dolly yang dilakukan oleh Dr. Ian Willmut adalah sebagai berikut.

a. Mengambil sel telur yang ada dalam ovarium domba betina, dan mengambil kelenjar mamae dari domba betina lain.
b. Mengeluarkan nukleus sel telur yang haploid.
c. Memasukkan sel kelenjar mamae ke dalam sel telur yang tidak memiliki nukleus lagi.
d. Sel telur dikembalikan ke uterus domba induknya semula (domba donor sel telur).
e. Sel telur yang mengandung sel kelenjar mamae dimasukkan ke dalam uterus domba, kemudian domba tersebut akan hamil dan melahirkan anak hasil dari kloning.

Jadi, domba hasil kloning merupakan domba hasil perkembangbiakan secara vegetatif karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Kloning juga bisa dilakukan pada seekor katak. Nukleus yang berasal dari sebuah sel di dalam usus seekor kecebong ditransplantasikan ke dalam sel telur dari katak jenis lain yang nukleusnya telah dikeluarkan. Kemudian, telur ini akan berkembang menjadi zigot buatan dan akan berkembang lagi menjadi seekor katak dewasa.
Kloning akan berhasil apabila nukleus ditransplantasikan ke dalam sel yang akan menghasilkan embrio (sel telur) termasuk sel germa. Sel germa adalah sel yang menumbuhkan telur dari sperma.

3. Makhluk Hidup Transgenik

Makhluk hidup transgenik sering disebut sebagai GMOs (Genetically Modified Organisms) yang merupakan hasil rekayasa genetika. Teknik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan sifat baru. Teknik ini dikenal dengan rekayasa genetika atau teknologi plasmid. Pengubahan gen dilakukan dengan jalan menyisipkan gen lain ke dalam plasmid sehingga menghasilkan individu yang memiliki sifat tertentu sesuai dengan keinginan si pembuat. Teknologi dikembangkan, antara lain sebagai berikut.

a. Produksi insulin
Caranya adalah dengan menyambungkan gen pengontrol pembuatan insulin manusia ke dalam DNA bakteri. Kemudian dari hasil penyambungan tersebut akan terbentuk bakteri baru yang mampu menghasilkan hormon insulin manusia. Bakteri ini dipelihara di laboratorium untuk menghasilkan insulin. Insulin yang dihasilkan bisa untuk mengobati penyakit kencing manis.

b. Menciptakan bibit unggul
Rekayasa genetika untuk memperbaiki tumbuhan supaya menjadi lebih baik, yaitu:
1) Pencakokan gen pembentuk pestisida pada tumbuhan sehingga mampu menghasilkan peptisida mematikan hama.
2) Rekayasa tumbuhan yang mampu melakukan fiksasi nitrogen. Teknologi ini mampu membuat tanaman yang bisa memupuk dirinya sendiri.
3) Rekayasa genetika yang mampu menciptakan tanaman yang mampu memproduksi zat anti koagulan.

4. Hibridisasi

Hibridisasi adalah persilangan antara varietas dalam spesies yang sama yang memiliki sifat unggul. Hasil dari hibridisasi adalah hibrid yang memiliki sifat perpaduan dari kedua induknya. Teknik ini dapat dilakukan pada tumbuhan dan hewan. Contoh hibrid tumbuhan yang telah dibudidayakan adalah jagung, kelapa, padi, tebu, dan anggrek.

5. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan adalah pembuahan atau fertilisasi yang terjadi pada sel telur dengan sperma yang disuntikkan pada kelamin betina. Jadi, fertilisasi ini tidak membutuhkan hewan jantan, tetapi hanya membutuhkan spermanya saja. Inseminasi buatan dilakukan karena bibit pejantan unggul yang hendak dikawinkan dengan bibit betina lokal tidak memiliki waktu masa subur yang bersamaan. Bibit pejantan unggul dikawinkan dengan bibit betina lokal supaya dapat menghasilkan keturunan yang lebih baik.

Teknologi ini menggunakan metode penyimpanan sperma pada suhu rendah (−80 oC sampai −20 oC). Jadi, untuk mendapatkan bibit pejantan unggul untuk mengawini bibit betina lokal tidak perlu dengan membawa individunya tetapi cukup dengan membawa spermanya.

6. Bayi tabung

Bayi tabung adalah bayi yang merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung. Teknologi ini sebenarnya kelanjutan dari teknologi inseminasi buatan, hanya proses pembuahan pada bayi tabung terjadi di luar sedangkan inseminasi terjadi di dalam tubuh. Kedua-duanya sama-sama merupakan perkembangbiakan generatif. Kita biasanya sering mendengar istilah bayi tabung bagi pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Hal ini merupakan jalan pintas bagi mereka untuk segera mendapatkan keturunan.

Proses pembuatan bayi tabung adalah sebagai berikut.

a. Sel telur yang mengalami ovulasi pada induk atau wanita diambil dengan suatu alat dan disimpan di dalam tabung yang berisi medium seperti kondisi yang ada pada rahim wanita hamil.
b. Sel telur dipertemukan dengan sperma di bawah mikroskop dan diamati sehingga terjadi fertilisasi.
c. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut dikembalikan ke dalam tabung.
d. Jika sel telur yang sudah dibuahi disebut zigot. Zigot berkembang dengan baik dan menjadi embrio, maka embrio tersebut akan disuntikkan kembali ke dalam rahim induknya semula.

Musik Jepang

1. SEJARAH
Musik di Jepang disebut ongaku, yang bila diterjemahkan secara langsung dapat diambil untuk berarti sebagai suara untuk kenyamanan. Meskipun saat ini sebagian besar dikenali oleh dunia luar untuk pop, permen karet jenis lagu, musik Jepang pada dasarnya adalah sebuah kombinasi eclectic pengaruh musik dari seluruh dunia. Sebesar itu penting dalam tradisi dan sejarah lokal, dengan skala, namun gaya dan instrumen yang dipinjam dan merebeh diadaptasi dari negara-negara tetangga seperti Cina, Korea dan Indonesia, dan telah berkembang untuk menpgintegrasikan gaya musik Barat seperti jazz, rock, ska dan reggae .

Ada penekanan pada kata-kata definitif daripada yang instrumentasi Asia Timur dan satu sarjana musik ini telah diberikan kepada Jepang untuk hal cinta dan keasyikan dengan upacara. Beberapa contoh ini akan menjadi shomyo, atau Buddha chanting dan Jepang kaum lagu atau min'yo. Ada segala jenis min'yo tetapi secara umum dapat dikelompokkan menurut kesempatan ketika mereka dinyanyikan. Ada kerja lagu, lagu keagamaan, lagu yang digunakan selama gatherings khusus seperti pernikahan, pemakaman dan perayaan dan lagu untuk anak-anak atau lullabies. Ini lagu yang paling sering dikirimkan lewat lulus atau keluarga generasi. Lama satu bentuk musik tradisional yang datang dari utara Ainu people di Jepang akan menjadi yukar, atau peniruan bentuk puisi atau epos epics dalam lagu.

Kebanyakan genre musik Jepang bahkan sampai saat ini yang menggunakan shamisen, atau tiga-gesekan alat musik paling sering disebut sebagai gitar Jepang. Dalam kouta, atau lagu singkat biasanya dinyanyikan oleh Geisha dan nagauta atau lagu lama seperti yang dilakukan di Jepang dan teater Kabuki noh, shamisen yang menyediakan backbone untuk instrumentasi. Sebuah evolusi dari jiuta atau bersahaja, gaya klasik shamisen musik dan dikembangkan oleh musisi buta Shirakawa Gunpachiro dan Takahashi Chikuzan adalah tsugaru-jamisen di mana terdapat lebih bebas dan improvisasi flashy fingerwork pada instrumen.

2. INSTRUMEN
Instrumen lain yang paling sering digunakan di Jepang adalah musik Taiko, atau drum Jepang. Ketuk ini instrumen tanggal sejauh kembali sebagai 6. dan 7. Abad, dan selama masa perang itu digunakan terutama untuk menjaga musuh di teluk dan untuk menyampaikan perintah ke warriors. Taiko yang datang dalam berbagai ukuran dan biasanya merupakan bagian integral dari ensembles khususnya musik selama festival. Ada lainnya instrumen tradisional Jepang seperti biwa, pendek berkerah fretted lute; yang ryuteki, seruling yang terbuat dari bambu dan digunakan dalam gagaku yang merupakan gaya musik yang berhubungan dengan Jepang Imperial Court; yang kokyu, string diputar dengan instrumen sebuah busur yang memiliki bentuk, suara dan unik bohong ke Jepang tidak seperti shamisen. Yang berpola kokyu bahkan telah di non-tradisional seperti Jepang genre musik jazz dan blues.
Perkembangan pada akhir 19. Dan awal abad ke-20 membuka telinga dari Japanese people ke genre baru seperti enka, di Jepang versi Amerika sensasionil negara ballads, pop atau kayokyoku Barat. Kayokyoku nanti berkembang ke J-pop Jepang atau pop - sebuah gaya yang lebih pasti dengan pengaruh Barat. Rock and roll dengan sweeping seluruh dunia pada tahun 1960-an dan 1970-an, J-rock atau rock Jepang yang menyerang scene musik Jepang juga. Namun lebih penting adalah bagaimana Barat musik klasik dan jazz di Jepang telah flourished ke titik di mana negara telah memproduksi beberapa musisi terkenal seperti Sadao Watanabe untuk jazz, Toru Takemitsu komposer dan konduktor Seiji Ozawa. Jepang juga diidentifikasi sebagai salah satu pasar yang paling penting untuk jenis musik.

Musik India

A. SEJARAH
Musik india merupakan musik asli yang berasal dari india dan diciptakan oleh mereka sendiri dengan menggunakan alat muasik yang tidak modern dan sangar tradisional. Dan sampai hari ini juga mereka tetap mempertahankan konsep mereka dalam bermusik, jenis musik itu tetap dipertahankan sebagai bentuk kecintaan mereka akan warna musiknya sendiri.

B. RAGAM MUSIK
Di india, ada suatu jenis musik yang bernama Raga (yang memiliki arti : colour atau mood) dipakai di dalam musik klasik india. Jenis musik raga dimainkan pada waktu yang berbeda-beda atau biasanya dihubungkan dengan musim. Musik klasik yang dipakai dalam india itu adalah raga, dan selalu raga. Kalau bukan musik klasik yaitu seperti yang ada di film-film india yang populer atau ghazals terkadang memakai raga di dalam komposisi musik mereka. Ragini merupakan sebutan jika yang memainkan musiknya adalah wanita.
Raga menggambarkan suatu bentuk regenerasi dari latihan melodi. Itu juga merupakan suatu set dari peraturan untuk membentuk suatu melody. Menggambarkan aturan untuk ke atas (aaroha) dan down (ayroha) skala. Yang mana swaras harus mencari lagi dan not mana yang harus digunakan lebih sparingly, not mana yang harus sung dengan gamak, phrase yang harus digunakan, phrase yang harus dibuang dan begitu selanjutnya. Hasilnya adalah suatu framework yang nantinya dapat digunakan untuk menggabungkan atau mengimprovisasi melodi, membiarkan untuk suatu variasi yang tak berkesudahan dengan satu set not.

C. SISTEM NADA
Model dasar dari reference di dalam hindu modern (yang lebih dikenal dengan shudda-bentuk dasar) adalah suatu kelompok yang sejajar dengan mode ionian western-ini disebut dengan bilawal thaat dalam musik hindu (analog carnatic akan menjadi Sankarabharanam). Dalam kedua sistem itu, the ground (atau tonic), Shadja, Sa, dan lima yang murni dibawah. Pancham, Pa, adalah bentuk yang benar dan nada penuh makna. Dalam sistem hindu, didalam hal memberikan mode 7 nada, kedua, ketiga, enam dan ke tujuh nada bisa menjadi alami (shudda, ‘alami’) atau flat (komal, ‘halus’) tapi tidak pernah tajam dan nada ke 4 bisa alami atau tajam (tivra) tapi tidak pernah flat. Membuat 12 nada didalam dunai barat sejajar dengan skala kromatik (dunia barat yang tidak hermonis menganmbil kesamaan seperti, untuk contoh, A# dan B b jangan menentukan); Dalam suatu dunia barat secara teoritis mempunyai not C, D b, D, E b, E, F, F#, G, A b, A, B b, B. Sistem Carnatic mempunyai hanya 3 versi – rendah, sedang, lebih tinggi – untuk semua nada kecuali Sa, Ma dan Pa. Ma memiliki 2 versi (rendah dan tinggi), ketika Sa dan Pa adalah invarian. Raga dapat juga menjelaskan perubahan microtonal kepada skala ini : suatu flatter kedua, suatu sharper seventh dan seterusnya.

D. ALAT MUSIK
Beberapa alat musik yang digunakan di India yaitu tabla, ektara, esraj, dotar, harmonium, sarangi, gottuvadhyam, dirluba, sitar, dholak, bansuri, swarabat, taus, kamancheh,sarod, katho, shehnai, tambura, rebab, santoor, dan serbahar.

Sunday, February 21, 2010

Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan

1. Alat Pencernaan Manusia.
Tubuh kita memerlukan makanan untuk pertumbuhan dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti sekolah, belajar, dan bermain, tubuhmu memerlukan makanan bergizi. Agar makanan yang bergizi dapat diserap oleh tubuhmu dengan baik, alat pencernaanmu harus dalam keadaan sehat. Di dalam alat pencernaan itulah zat-zat makanan diolah terlebih dahulu, kemudian diserap oleh tubuhmu.
Proses pencernaan terdiri atas pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.

a. Pencernaan secara mekanik. Pencernaan mekanik terjadi di rongga mulut, yaitu
penghancuran makanan oleh gigi yang dibantu lidah.

b. Pencernaan secara kimiawi. Pencernaan kimiawi terjadi di dalam rongga mulut, usus,
dan lambung dengan bantuan enzim. Enzim adalah suatu zat kimia yang membantu proses pencernaan. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Alat pencernaan makanan pada manusia yaitu:

a. Rongga Mulut
Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan dikunyah dan dihancurkan oleh gigi, dibantu oleh lidah. Dalam rongga mulut juga ada enzim yang membantu pencernaan yaitu enzim amilase. Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
1) Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk mencengkeram dan memotong makanan.
2) Gigi taring berbentuk lancip dan runcing, berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan.
3) Gigi geraham berbentuk rata bergerigi, berfungsi untuk mengunyah makanan.
Gigi terdiri atas tiga bagian, yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Bagian paling luar mahkota gigi dilapisi oleh email. Di bagian dalam mahkota gigi terdapat tulang gigi dan pulpa. Di dalam pulpa terdapat banyak pembuluh darah dan saraf. Bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang ditutupi oleh gusi. Jumlah gigi anak-anak dan gigi orang dewasa berbeda. Pada anak-anak, gigi berjumlah 20 buah yang terdiri atas 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Gigi orang dewasa berjumlah 32. Masingmasing 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham.
Lidah juga membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Dengan adanya lidah, kita dapat mengecap rasa manis, asin, asam, dan pahit. Lidah berfungsi dalam membantu proses menelan dan pencampuran makanan dalam mulut. Di dalam mulut terdapat enzim untuk membantu pencernaan. Enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzimnya disebut amilase. Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula.

b. Kerongkongan
Setelah dicerna di dalam mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. Gerakan otot ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung.

c. Lambung
Dari kerongkongan, makanan masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim yang disebut pepsin. Pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang menyebabkan lambung menjadi asam.
Asam klorida dihasilkan oleh dinding lambung. Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pepsin. Ketika proses pencernaan terjadi di lambung, otot-otot dinding lambung berkontraksi. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida. Secara bertahap, makanan akan menjadi berbentuk bubur. Kemudian, makanan yang telah mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus halus. Enzim merupakan zat yang berguna untuk menghancurkan makanan secara kimiawi menjadi bagian yang lebih halus.

d. Usus Halus
Usus halus merupakan tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus halus terdapat dua proses pencernaan, yaitu pencernaan secara kimiawidan proses penyerapan sari makanan. Di dalam usus dua belas jari, terjadi pencernaan makanan dengan bantuan getah pankreas. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim-enzim, seperti enzim amilase, enzim tripsin, dan enzim lipase.
Usus kosong terdapat di antara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Di dalam usus kosong terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Usus kosong memiliki dinding yang dapat menghasilkan getah pencernaan. Usus penyerapan adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Di dalam usus penyerapan terdapat bagian yang di sebut vili. Vili banyak mengandung pembuluh darah. Vili inilah yang dapat menyerap sari-sari makanan.

e. Usus Besar
Setelah melewati usus halus, sisa makanan masuk ke usus besar. Usus besar terbagi atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Di dalam usus besar, sisa makanan mengalami pembusukan. Pembusukan ini dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral dari sisa makanan tersebut, akan diserap oleh usus kembali. Setelah itu, sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja (feses).
Gangguan pada alat pencernaan pada umumnya berhubungan dengan makanan yang kita makan dan cara makan yang tidak sehat. Beberapa macam gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan manusia di antaranya adalah sebagai berikut.
1.Gigi berlubang dapat disebabkan adanya kotoran di dalam rongga mulut.
Kotoran ini berasal dari sisa makanan yang tidak segera dibersihkan.
2.Diare merupakan gangguan pada alat pencernaan yang menyebabkan penderita mengalami buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini disebabkan karena makanan yang dimakan tidak terjaga kebersihannya.
3. Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan
asam di dalam lambung. Hal ini biasanya diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur, kelelahan akibat bekerja, dan stress. Gejala penyakit ini di antaranya adalah rasa sakit di ulu hati dan perut terasa mual.

Makanan yang Mudah Dicerna dan Tidak Mudah Dicerna.
Ada makanan yang mudah dicerna dan ada makanan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, di antaranya nasi dan roti. Adapun makanan yang sulit dicerna biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung serat (selulosa). Namun, makanan yang berserat banyak menyerap air di dalam tubuh sehingga membantu proses pencernaan.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan.
Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Kegiatan yang dilakukan, misalnya belajar, pergi ke sekolah, dan bermain. Makanan yang kamu makan sebaiknya
mengandung gizi. Asupan gizi yang baik tidak akan terpenuhi tanpa makanan yang sehat.
Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi. Zat-zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Selain itu, zat gizi digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan sebagai berikut.

a. Karbohidrat. Karbohidrat diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga dalam melakukan kegiatan. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat, di antaranya nasi, jagung, kue, roti, ubi, dan kentang.

b. Protein. Protein merupakan zat makanan yang berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Sebagai contoh, tubuhmu bertambah tinggi dan besar. Hal itu terjadi karena kamu mengonsumsi zat makanan yang mengandung protein. Jika tubuhmu kekurangan protein akan menderita penyakit kwashiorkor. Penderita kwashiorkor akan terhambat pertumbuhannya, kulit bersisik, kurus, dan rambutnya kusam. Sama halnya seperti lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabati di antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.

c. Lemak.Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi dan sebagai cadangan makanan. Lemak ada 2 macam, yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak yang dihasilkan hewan. Contoh lemak hewani adalah daging, keju, minyak ikan, telur, dan
mentega. Adapun lemak nabati adalah lemak yang bearasal dari tumbuh-tumbuhan. Contoh lemak nabati adalah kelapa, kacang tanah, dan margarin. Berdasarkan sumbernya, lemak dibagi
menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, kacang tanah, kemiri, dan alpukat. Sedangkan lemak hewani berasal dari hewan, misalnya daging, telur, susu, keju, dan mentega.

d. Vitamin. Vitamin merupakan zat makanan yang berguna untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Kebanyakan vitamin tidak dapat dibuat di dalam tubuh. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Vitamin ini bermacam-macam, yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin B dan C larut di dalam air, sedangkan vitamin A, D, E, dan K larut dalam lemak. Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

e. Mineral. Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa macam mineral yang diperlukan oleh tubuh, di antaranya kalsium, besi, fosfor, dan iodin.
1) Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Selain itu, kalsium membantu dalam pembekuan darah jika tubuh mengalami luka. Bahan makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, ikan, dan roti.
2) Zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen di dalam darah. Jika kekurangan zat besi,
tubuh kita akan mengalami anemia (kekurangan darah). Bahan makanan yang banyak
mengandung zat besi adalah daging, roti, kuning telur, dan kacang-kacangan.

3) Fosfor berfungsi menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan gusi. Jika kekurangan
fosfor dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. Fosfor terdapat dalam
susu dan kuning telur.

4) Iodin atau Yodium berfungsi mencegah penyakit gondok. Kekurangan iodin dapat pula
Menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan cacat mental. Iodin terdapat dalam garam
dapur beriodin, air minum, dan ikan laut. merupakan mineral yang sangat penting dan
banyak terkandung dalam ikan laut, tiram, kerang, garam dapur, dan sayuran.

f. Air. Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Air berfungsi memperlancar
metabolisme, seperti proses pencernaan dan peredaran darah.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna.
Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat tersebut di antaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin,
mineral, dan air. Pernahkah kamu mendengar slogan ”empat sehat lima sempurna”? Empat sehat lima sempurna adalah makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang. Empat sehat terdiri atas empat macam makanan, yaitu:
a. makanan pokok (misalnya beras, dan kentang);
b. lauk pauk (misalnya ikan, daging, telur);
c. sayuran (misalnya bayam dan kangkung);
d. buah-buahan (misalnya apel, pepaya, dan pisang).
Lima sempurna adalah pelengkap dari empat makanan tersebut. Susu adalah jenis makanan dengan zat gizi lengkap. Oleh karena itu, susu disebut pelengkap(lima sempurna).

5. Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan. Makanan yang tidak bersih dapat mengakibatkan sakit perut atau lambung. Selain lambung, alat pencernaanmu yang lain pun dapat terserang penyakit jika makananmu tidak bersih atau higienis. Ciri-ciri makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi adalah:
a. sudah ditumbuhi jamur dan dihinggapi lalat,
b. berubah warna,
c. sudah membusuk,
d. sudah lewat batas kedaluwarsa,
e. makanan disimpan dalam wadah seperti kaleng yang sudah berkarat,
f. makanan yang sudah dicemari hewan, dan
g. makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Web Browser

1. Pengenalan Browser
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia) dengan konsep hypertext link antar dokumen yang berkaitan. Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, Safari, Mozilla, dan lain-lain.

2. Surfing / Browsing
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Langkah-Langkah dalam Browsing

a. Klik double pada icon Internet Explorer.
b. Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim
c. Ketikkan nama situs tersebut pada kolom address (contoh, www.eramuslim.com)
d. Tekan 'enter'. Atau klik tombol go
e. Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar.
f. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window. Atau dengan Menekan tombol Ctrl+N
g. Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files.

3. Menyimpan Web Pages:
Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara
a. Simpan ke hard disk dengan meng-klik
• FILE
• Save As, dan pilih folder untuk penyimpanan
• Save dan anda bisa membukanya kembali dirumah/rental sesuai dengan aslinya dengan penuh gambar ( formatnya ber-ekstensi *.html)
b. Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil teksnya saja dengan cara :
• High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word
c. Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tsb anda dapat melakukan :
• Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik View Source
• Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan :
• File , Save, Pada file name, ganti extension file txt dengan htm

Sistem Jaringan Internet/ Intranet

• Manfaat Jaringan
1. Membagi sumber daya
2. Memberi kebebasan akses
3. Menghemat biaya
4. Kemudahan koneksi antar komputer dalam satu jaringan

• Jenis Jaringan

1. LAN
Jaringan antar computer dalam satu area tertentu. LAN dibentuk dari server, workstation, system operasi serta sambungan komunikasi.
Sebuah LAN memungkinkan sebuah workstation berfungsi sebagai server sehingga dirinya mampu mengakses computer lain. Sistem jaringan ini disebut peer to peer.

2. MAN
Merupakan jaringan computer yang menjangkau antar wilayah dalam satu propinsi.

3. WAN
Merupakan jaringan computer yang menjangkau area geografis sangat luas. Jaringan ini mengjangkau computer antar negara bahkan seluruh dunia. Komputer dihubungkan dengan bantuan jaringan lain diantaranya jaringan telepon atau sinyal satelit.

4. Intranet
Adalah jenis jaringan yang merupakan gabungan antara LAN/WAN dengan internet.

5. Internet

• Topologi Jaringan
Adalah cara menghubungkan satu computer dengan computer yang lain sehingga membentuk sebuah jaringan.
Jenis – jenis topologi jaringan :

1. Star
- Menggunakan konfigurasi menyebar dengan server berada di pusatnya.
- Server berfungsi sebagai pengontrol komunikasi.
- Pengelolaan lebih mudah.
- Pengembangan jaringan lebih fleksibel.
- Deteksi masalah pada jaringan lebih mudah.

2. Ring
- Menggunakan konfigurasi melingkar dengan sebuah computer berfungsi sebagai server.
- Biaya lebih murah, karena kabel yang digunakan lebih sedikit.
- Mengurangi error transmission.
- Kegagalan koneksi dapat diatasi dengan melalui jalur lain.

3. Bus
- Komputer yang berfungsi sebagai server/workstation dihubungkan oleh kabel tunggal.
- Biaya pembuatan jaringan lebih murah.
- Instalasi lebih mudah.
- Akses cenderung lambat.
- Terjadi pengurangan sinyal pada titik terjauh dari server.
- Deteksi kerusakan cukup sulit.
- Kerusakan pada salah satu client akan mengganggu selurh system.

4. Tree
- Konfigurasi jaringan berbentuk pohon dengan server berada di bagian paling atas.
- Pengembangan jaringan cenderung fleksibel.
- Kerusakan system mudah dideteksi.
- Biayanya sangat besar.
- Terjadi pengurangan sinyal pada computer yang jauh dari server

Internet

1. Definisi internet
Internet merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputer yang saling berhubungan dan bekerjasama dengan cara berbagi informasi dan data menggunakan protocol TCP/IP.
a. Sifat terbuka, artinya dapat diakses siapa saja asalkan dapat terhubung dengan jaringan Internet.
b. Jangkauan luas tak terbatas, artinya dapat menjangkau selurh belahan dunia tanpa batas.

2. Sejarah internet
Sejarah Internet pertama kali dikembangkan oleh program riset yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency) untuk keperluan militer pada tahun 1969. Program ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Project Agency (DARPA). Pada konsepnya sebenarnya internet merupakan suatu jaringan, yang mana suatu paket informasi dapat dikirim dari suatu komputer ke komputer yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemindahan berbagai data penting apabila terjadi perang.

 Tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun sebelumnya.
 Pada tahun 1980 Internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas di Amerika.
 Tahun 1982 protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan.
 Tahun 1984 sistem domain mulai digunakan.
 Tahun 1992 CERN mengembangkan layanan berbasis Word Wide Web (WWW).
 Tahun 1993 InteNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.
 Tahun 1994 internet mulai digunakan di Indonesia.

3. Tata tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette.

4. Isu moral dan undang-undang
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan ucapan benci(?)(Hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga.
Kematian juga telah disalahkan kepada Internet oleh sebagian orang. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam, dibunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.

5. Aplikasi Internet

a. Word Wide Web (WWW)
Dokumen-dokumen internet yang tersimpan dalam server-server di seluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext yang disebut dengan Hypertext Mark Up Language (HTML).

b. Electronic Mail (e-mail)
Aplikasi Internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk electronic.

c. Mailing List (Milis)
Aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi dalam sebuah kelompok melalui e-mail.

d. Newsgroup
Aplikasi Internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum.
e. Internet Relay Chat (IRC)
Aplikasi Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di Internet .

f. File Transfer Protocol (FTP)
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil data ke atau dari sebuah komputer.

g. Telnet
Aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Telnet dapat dilakukan jika kita memiliki IP address dari komputer tersebut dan juga memiliki hak access.

h. Gopher
Digunakan untuk mencari informasi berbentuk teks yang ada di Internet. Untuk itu harus terhubung dengan Gopher Server yang ada di Internet.

i. E-Commerce
Aplikasi Internet yang digunakan untuk melakukan perdagangan melalui internet. Caranya dengan memanfaatkan fasilitas di mana terdapat website yang menyediakan layanan “get and deliver”.
Proses dalam E-Commerce antara lain :
1. Pembuatan website untuk mempresentasikan & menawarkan produk.
2. Pemesanan langsung dan tersedianya fasilitas tagihan.
3. Otomasi account pelanggan secara aman.
4. Pembayaran secara langsung dan penanganan transaksi.
Keuntungan :
1. Meningkatkan pendapatan dengan biaya yang murah.
2. Mengurangi pengeluaran biaya berkaitan dengan biaya pos, pencetakan, report, dsb.
3. Mengurangi keterlambatan dalam pembayaran karena pembayaran dapat langsung dicek.
4. Pelayanan lebih cepat dan responsive.

j. Packet Internet Gopher (Ping)
Digunakan untuk mengecek apakah ada hubungan antara suatu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan

6. Kegiatan dalam Internet
a. Browsing/ Surfing
b. Searching
c. E-mail
d. Chatting
e. Download
f. Upload

7. Dampak positif Internet
a. Mudah mendapatkan informasi
b. Sebagai media komunikasi
c. Sebagai sarana diskusi
d. Sebagai sumber penelitian
e. Menekan biaya
f. Sebagai media promosi
g. Sarana untuk bertukar data

8. Dampak negatif Internet
a. Masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa
b. Pornografi
c. Lupa waktu

Pidato Dampak Internet 2

Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat,Kepala SMPN 5 Kota Probolinggo
Yang saya hormati Ketua komite SMPN 5
Yang saya hormati bapak ibu guru beserta staf TU dan para hadirin yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberi kesempatan untuk berkumpul bersama diacara perpisahan ini.

Dalam pidato ini saya menyampaikan dampak internet terhadap pelajar sekolah. Perkembangan internet saat ini memiliki segi positif dan negative. Dari segi positif internet dapat menambah ilmu pengetahuan, informasi, maupun teman bergaul akan tetapi disamping itu semua internet juga memiliki dampak negative, yaitu dijadikan media prostitusi, penyebaran video porno yang berdampak buruk terhadap para pelajar.

Oleh karena itu peran orang tua dan guru sangatlah penting karena melalui itu pelajar dapat dimotifasi atau dinasehati mengenai internet agar digunakan sebaik mungkin.

Dampak dari internet akan berpengaruh baik atau buruk tergantung dari para pelajar dalm memanfaatkan teknologi internet dan juga peran dari beberapa pihak,seperti orang tua dan guru sekalian.

Demikian tadi amanah yang dapat saya sampaikan selaku konselor SMPN 5,kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

(karya: Faishal R)

Pidato Dampak Internet

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sesuatu tentang manfaat internet.

Pada masa sekarang perkembangan internet terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sudah berkembang pesat. Seperti computer, pada masa lalu computer digunakan untuk alat menghitung saja. Tapi sekarang sudah disempurnakan menjadi alat yang canggih atau modern yang bisa mengakses seluruh global. Computer pada masa lalu alatnya hanya sederhana, tapi sekarang banyak ditambah dengan alat-alat yang canggih seperti memori pada masa lalu hanya 6Mb tapi sekarang bisa mencapai 512Mb, pada masa lalu tidak ada VGA tapi sekarang sudah ada bahkan ada yang mencapai 128 VGA, dan banyak alat yang lainnya.

Kesemua itu merupakan perkembangan zaman dimana antar negara saling bersaing untuk menjadi negara yang terkenal. Dan juga karena SDA (Sumber Daya Manusia) yang meningkat terus menerus. Lalu untuk mengakses dunia maya (internet) diperlukan alat untuk menyambungkannya yaitu Modem. Banyak sekali modem yang dijual, semakin mahal modem tersebut maka semakin cepat untuk mengakses internet. Tapi jika semakin murah modem tersebut maka semakin lambat untuk mengakses internet. Internet banyak sekali kegunaannya, seperti ingin mencari berita yang masih hangat maka tinggal hanya mengakses internet saja dengan ada situs-situs tertentu. Bukan hanya itu saja internet juga bisa mencari teman untuk mengobrol yang sering disebut orang bermain chatting, dan banyak lainnya yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Hanya dengan melihat sendiri maka orang tersebut bisa mengerti.
Hadirin yang saya hormati,dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu.. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya.. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kesulitan dalam mencarinya.

Di tiap sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sudah memasang computer di tiap sekolah plus internet. Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan ada juga kerugiannya seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public. Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi. Tapi manusia tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya. Mereka bisa terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka. Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu sangat berguna sekali

Hadirin yang berbahagia,sekarang kita tahu manfaat internet dalam perkembangan IPTEK, mencari semua ilmu yang kita tidak ketahui menjadi tahu. IPTEK tidak bisa berkembang jika tidak ada internet.

Hadirin yang saya hormati,Mudah-mudahan semua guru dan siswa yang ada di sekolah ini dapat diberikan tambahan pengetahuan yang baik dan berguna bagi kita semua.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua...

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

(karya; Faishal R)

Pidato Kedisiplinan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhomat Ibu Soekarti dan rekan-rekan sekalian yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja syukur atas kehadirat Allah SWT, karena kita dapat berkumpul di sini dengan keadaan sehat. Saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya pagi ini.

Adapun topik yang saya sampaikan adalah mengenai merosotnya tingkat kedisiplinan masyarakat. Sebagaimana kita ketahui, kedisiplinan itu memegang peranan penting dalam setiap sisi kehidupan. Mulai dari lingkup terkecil, yaitu dalam kehidupan rumah tangga sampai ke lingkup terbesar, yaitu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana tingkat kedisiplinan masyarakat kita pada umumnya. Sebagai contoh dapat kita perhatikan rendahnya tingkat kedisiplinan dalam berlalu lintas di jalan. Dimana dengan mudahnya kita sering melihat orang mengendarai kendaraan secara serampangan atau ugal-ugalan tanpa memperhatikan rambu lalu lintas dan keselamatan orang lain, atau orang yang menyeberang jalan tidak pada tempat yang telah di sediakan yang dapat membahayakan dirinya sendiri.

Contoh lain yang bisa kita perhatikan bagaimana dengan mudahnya pula kita bisa melihat orang seenaknya merokok di tempat umum walaupun telah ada peraturan daerah yang melarang orang untuk merokok di tempat umum. Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kedisiplinan tersebut, menurut hemat saya disebabkan lemahnya fungsi pengawasan dan tidak adanya sanksi yang memberikan efek jera.

Ibu Guru dan rekan-rekan sekalian

Kalau kita perhatikan, sudah cukup banyak peraturan yang dibuat untuk menertibkan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedisiplinan itu sangat diperlukan, tapi, tampaknya menegakkan kedisiplinan itu sendiri bukan merupakan upaya yang mudah. Namun demikian, upaya penegakkan kedisiplinan menurut hemat saya tetap harus dilakukan dan hal itu dapat di mulai dari diri kita sendiri.

Demikian pidato saya. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wabilataufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Friday, February 12, 2010

Seni Kriya

A. Konsep Karya Seni Rupa Terapan

Bentuk kebudayaan yang paling sederhana muncul pada zaman batu. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat kecerdasan, perasaan dan pengetahuan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi pada zaman itu. Untuk menunjang kelangsungan hidup, mereka membuat alat-alat dari bahan-bahan yang diperoleh di alam sekitar mereka. Sebagai contoh, kapak genggam dan alat-alat perburuan dibuat dari tulang dan tanduk binatang.

B. Pengertian Seni Kriya
Seni kriya sering disebut dengan istilah Handycraft yang berarti kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan (applied art) yang selain mempunyai aspek-aspek keindahan juga menekankan aspek kegunaan atau fungsi praktis. Artinya seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan.

C. Unsur Karya Seni Kriya
Seni kriya mengutamakan terapan atau fungsi maka sebaiknya terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1. Utility
atau aspek kegunaan
2. Security
yaitu jaminan tentang keamanan orang menggunakan barang-barang itu.
3. Comfortable
yaitu enaknya digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Barang-barang terapan adalah barang yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
4. Flexibility
yaitu keluwesan penggunaan. Barang-barang seni kriya adalah barang terap yaitu barang yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Barang terap dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.
5. Estetika atau syarat keindahan
Sebuah barang terapan betapapun enaknya dipakai jika tidak enak dipandang maka pemakai barang itu tidak merasa puas. Keindahan dapat menambah rasa senang, nyaman dan puas bagi pemakainya. Dorongan orang memakai, memiliki, dan menyenangi menjadi lebih tinggi jika barang itu diperindah dan berwujud estetik.

D. Fungsi dan Tujuan Pembuatan Seni Kriya

1. Sebagai benda pakai, adalah seni kriya yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.
2. Sebagai benda hias, yaitu seni kriya yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya.
3. Sebagai benda mainan, adalah seni kriya yang dibuat untuk digunakan sebagai alat permainan.

E. Jenis-jenis Seni Kriya di Nusantara

1. Seni kerajinan kulit, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang dan lain-lain.
2. Seni kerajinan logam, ialah kerajinan yang menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Sedangkan teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contohnya pisau, barang aksesoris, dan lain-lain.
3. Seni ukir kayu, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya digunakan adalah: kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lain-lain. Contohnya mebel, relief dan lain-lain.
4. Seni kerajinan anyaman, kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok, dll. Contohnya: topi, tas, keranjang dan lain-lain.
5. Seni kerajinan batik, yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Contohnya: baju, gaun dan lain-lain.
6. Seni kerajinan keramik, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya: gerabah, piring dan lain-lain.

F. Teknik dan Bahan Karya Seni Kriya

Ada beberapa teknik pembuatan benda-benda kriya yang disesuaikan dengan bahan. Alat dan cara yang digunakan antara lain cor atau tuang, mengukir, membatik, menganyam, menenun, dan membentuk.

1. Teknik cor (cetak tuang)
Ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, maka mulai dikenal teknik pengolahan perunggu. Terdapat beberapa benda kriya dari bahan perunggu seperti gendering perunggu, kapak, bejana, dan perhiasan.
Teknik cetak pada waktu itu ada dua macam:
• Teknik Tuang Berulang (Bivalve)
Teknik bivalve disebut juga teknik menuang berulang kali karena menggunakan dua keeping cetakan terbuat dari batu dan dapat dipakai berulang kali sesuai dengan kebutuhan (bi berarti dua dan valve berarti kepingan). Teknik ini digunakan untuk mencetak benda-benda yang sederhana baik bentuk maupun hiasannya.
• Teknik Tuang Sekali Pakai (A Cire Perdue)
Teknik a cire perdue dibuat untuk membuat benda perunggu yang bentuk dan hiasannya lebih rumit, seperti arca dan patung perunggu. Teknik ini diawali dengan membuat model dari tanah liat, selanjutnya dilapisi lilin, lalu ditutup lagi dengan tanah liat, kemudian dibakar untuk mengeluarkan lilin sehingga terjadilah rongga, sehingga perunggu dapat dituang ke dalamnya. Setelah dingin cetakan tanah liat dapat dipecah sehingga diperoleh benda perunggu yang diinginkan.
Disamping teknik cor ada juga teknik menempa yang bahan-bahannya berasal dari perunggu, tembaga, kuningan, perak, dan emas. Bahan tersebut dapat dibuat menjadi benda-benda seni kerajinan, seperti keris, piring, teko, dan tempat lilin. Saat ini banyak terdapat sentra-sentra kerajinan cor logam seperti kerajinan perak. Tempat-tempat terkenal itu antara lain kerajinan perak di Kota Gede Yogyakarta dan kerajinan kuningan yang terdapat di Juwana dan Mojokerto.

2. Teknik Ukir
Alam Nusantara dengan hutan tropisnya yang kaya menjadi penghasil kayu yang bisa dipakai sebagai bahan dasar seni ukir kayu. Mengukir adalah kegiatan menggores, memahat, dan menoreh pola pada permukaan benda yang diukir.
Di Indonesia, karya ukir sudah dikenal sejak zaman batu muda. Pada masa itu banyak peralatan yang dibuat dari batu seperti perkakas rumah tangga dan benda-benda dari gerabah atau kayu. Benda- benda itu diberi ukiran bermotif geometris, seperti tumpal, lingkaran, garis, swastika, zig zag, dan segitiga. Umumnya ukiran tersebut selain sebagai hiasan juga mengandung makna simbolis dan religius.
Dilihat dari jenisnya, ada beberapa jenis ukiran antara lain ukiran tembus (krawangan), ukiran rendah, Ukiran tinggi (timbul), dan ukiran utuh. Karya seni ukir memiliki macam-macam fungsi antara lain:
a. Fungsi hias, yaitu ukiran yang dibuat semata-mata sebagai hiasan dan tidak memiliki makna tertentu.
b. Fungsi magis, yaitu ukiran yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual.
c. Fungsi simbolik, yaitu ukiran tradisional yang selain sebagai hiasan juga berfungsi menyimbolkan hal tertentu yang berhubungan dengan spiritual.
d. Fungsi konstruksi, yaitu ukiran yang selain sebagai hiasan juga berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.
e. Fungsi ekonomis, yaitu ukiran yang berfungsi untuk menambah nilai jual suatu benda.

3. Teknik membatik
Kerajinan batik telah dikenal lama di Nusantara. Akan tetapi kemunculannya belum diketahui secara pasti. Batik merupakan karya seni rupa yang umumnya berupa gambar pada kain. Proses pembuatannya adalah dengan cara menambahkan lapisan malam dan kemudian diproses dengan cara tertentu atau melalui beberapa tahapan pewarnaan dan tahap nglorod yaitu penghilangan malam.
Alat dan bahan yang dipakai untuk membatik pada umumnya sebagai berikut:
a. Kain polos, sebagai bahan yang akan diberi motif (gambar). Bahan kain tersebut umumnya berupa kain mori, primissima, prima, blaco, dan baju kaos.
b. Malam, sebagai bahan untuk membuat motif sekaligus sebagai perintang masuknya warna ke serat kain (benang).
c. Bahan pewarna, untuk mewarnai kain yaitu naptol dan garam diasol.
d. Canting dan kuas untuk menorehkan lilin pada kain.
e. Kuas untuk nemboki yaitu menutup malam pada permukaan kain yang lebar.

Sesuai dengan perkembangan zaman, saat ini dikenal beberapa teknik membatik antara lain sebagai berikut:
a. Batik celup ikat, adalah pembuatan batik tanpa menggunakan malam sebagaia bahan penghalang, akan tetapi menggunakan tali untuk menghalangi masuknya warna ke dalam serat kain. Membatik dengan proses ini disebut batik jumputan.
b. Batik tulis adalah batik yang dibuat melalui cara memberikan malam dengan menggunakan canting pada motif yang telah digambar pada kain.
c. Batik cap, adalah batik yang dibuat menggunakan alat cap (stempel yang umumnya terbuat dari tembaga) sebagai alat untuk membuat motif sehingga kain tidak perlu digambar terlebih dahulu.
d. Batik lukis, adalah batik yang dibuat dengan cara melukis. Pada teknik ini seniman bebas menggunakan alat untuk mendapatkan efek-efek tertentu. Seniman batik lukis yang terkenal di Indonesia antara lain Amri Yahya.
e. Batik modern, adalah batik yang cara pembuatannya bebas, tidak terikat oleh aturan teknik yang ada. Hal tersebut termasuk pemilihan motif dan warna, oleh karena itu pada hasil akhirnya tidak ada motif, bentuk, komposisi, dan pewarnaan yang sama di setiap produknya.
f. Batik printing, adalah kain yang motifnya seperti batik. Proses pembuatan batik ini tidak menggunakan teknik batik, tetapi dengan teknik sablon (screen printing). Jenis kain ini banyak dipakai untuk kain seragam sekolah.
Daerah penghasil batik di Jawa yang terkenal diantaranya Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Rembang dan Cirebon.

4. Teknik Anyam
Benda-benda kebutuhan hidup sehari-hari, seperti keranjang, tikar, topi dan lain-lain dibuat dengan teknik anyam. Bahan baku yang digunakan untuk membuat benda-benda anyaman ini berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya, seperti bamboo, palem, rotan, mendong, pandan dan lain-lain.

5. Teknik Tenun
Teknik menenun pada dasarnya hamper sama dengan teknik menganyam, perbedaannya hanya pada alat yang digunakan. Untuk anyaman kita cukup melakukannya dengan tangan (manual) dan hampir tanpa menggunakan alat bantu, sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang disebut lungsi dan pakan.

6. Teknik Membentuk
Penegertian teknik membentuk di sini yaitu membuat karya seni rupa dengan media tanah liat yang lazim disebut gerabah, tembikar atau keramik. Keramik merupakan karya dari tanah liat yang prosesnya melalui pembakaran sehingga menghasilkan barang yang baru dan jauh berbeda dari bahan mentahnya.
Teknik yang umumnya digunakan pada proses pembuatan keramik diantaranya:
a. Teknik coil (lilit pilin)
b. Teknik tatap batu/pijat jari
c. Teknik slab (lempengan)
Cara pembentukan dengan tangan langsung seperti coil, lempengan atau pijat jari merupakan teknik pembentukan keramik tradisional yang bebas untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan. Bentuknya tidak selalu simetris. Teknik ini sering dipakai oleh seniman atau para penggemar keramik.
d. Teknik putar
Teknik pembentukan dengan alat putar dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silindris) dan bervariasi. Cara pembentukan dengan teknik putar ini sering dipakai oleh para pengrajin di sentra-sentara keramik. Pengrajin keramik tradisional biasanya menggunakan alat putar tangan (hand wheel) atau alat putar kaki (kick wheel). Para pengrajin bekerja di atas alat putar dan menghasilkan bentuk-bentuk yang sama seperti gentong, guci dll
e. Teknik cetak
Teknik pembentukan dengan cetak dapat memproduksi barang dengan jumlah yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula. Bahan cetakan yang biasa dipakai adalah berupa gips, seperti untuk cetakan berongga, cetakan padat, cetakan jigger maupun cetakan untuk dekorasi tempel. Cara ini digunakan pada pabrik-pabrik keramik dengan produksi massal, seperti alat alat rumah tangga piring, cangkir, mangkok gelas dll
Disamping cara-cara pembentukan diatas, para pengrajin keramik tradisonal dapat membentuk keramik dengan teknik cetak pres, seperti yang dilakukan pengrajin genteng, tegel dinding maupun hiasan dinding dengan berbagai motif seperti binatang atau tumbuh-tumbuhan.

Tata Surya

1. Matahari

Matahari sebagai pusat tata surya. Matahari bukanlah bintang terbesar di antara milyaran bintang dalam galaksi Bimasakti. Matahari adalah bintang terdekat dengan bumi, sehingga matahari terlihat lebih besar dan terang dibanding bintang-bintang lain.

Jarak matahari dari bumi kita sekitar 150 juta kilometer. Jarak ini disepakati sebagai 1 SA (Satuan Astronomi). Matahari merupakan bintang yang paling dekat dibandingkan bintang-bintang lainnya. Bintang terdekat kedua setelah matahari adalah Alpha Centauri, jaraknya lebih dari 200.000 SA. Jarak matahari hanyalah 1/546.000 kali jarak Sirrius ke bumi. Sirrius merupakan bintang yang paling terang.

Jika dilihat dari ukurannya, maka matahari tergolong bintang ukuran sedang. Diameter matahari sekitar 1.380.000 km. Jika dibandingkan diameter bumi, maka diameter matahari 109 diameter bumi. Seandainya matahari berongga, kamu dapat memasukkan lebih dari satu juta bumi ke dalamnya. Tetapi kerapatan matahari lebih kecil dibandingkan kerapatan bumi, sehingga massa matahari hanya sekitar 340 ribu kali massa bumi.

Matahari merupakan bola gas raksasa, dengan lapisan-lapisannya sebagai berikut:

a. Inti (core): suhunya sekitar 14 juta Kelvin, tempat terjadinya reaksi nuklir yang menghasilkan energi sangat besar.
b. Fotosfer: suhunya sekitar 6.000 Kelvin, dengan ketebalan sekitar 300 km, merupakan bagian matahari yang dapat kita lihat. Namun, janganlah kamu menatap matahari secara langsung, karena dapat menyebabkan kerusakan pada mata.
c. Kromosfer: atmosfer matahari, bersuhu sekitar 4.500 Kelvin dan ketebalannya 2.000 km.
d. Korona: atmosfer luar matahari, bersuhu sekitar 1 juta Kelvin dan ketebalannya sekitar 700.000 km.

Di antara inti dan fotosfer terdapat daerah radiasi dan daerah konveksi. Di daerah tersebut energi berpindah secara radiasi dan konveksi. Di permukaan matahari terdapat berbagai aktivitas, antara lain sunspot (bintik hitam), flare (letupan cahaya yang menyembarkan partikel-partikel bermuatan listrik), protuberans (ledakan mendadak dan segera lenyap), serta yang terbesar adalah prominensa (kilauan gas yang mengalami kondensasi kemudian jatuh kembali ke permukaan matahari).

2. Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dari matahari, jaraknya sekitar 58 juta kilometer dari matahari. Merkurius tidak mudah dilihat dengan mata telanjang. Merkurius tetapi sering terlihat di saat fajar dan senja hari, sehingga dianggap sebagai bintang pagi dan bintang malam.

Merkurius merupakan planet terkecil kedua setelah planet Pluto, diameternya sekitar 4.862 km. Permukaannya penuh kawah akibat meteorit yang berjatuhan. Meteorit adalah batu-batu yang jatuh dari langit saat asteroid meledak. Merkurius bergerak mengelilingi matahari sekali putaran dalam waktu 88 hari dan berotasi dengan periode 59 hari. Merkurius tidak memiliki satelit.

3. Venus

Venus merupakan planet terdekat kedua dari matahari dalam tata surya kita. Jaraknya dari matahari sekitar 108 juta kilometer. Permukaan planet ini diselimuti awan tebal karbondioksida sehingga sulit dilihat. Awan tersebut menahan energi matahari yang mengenai permukaan Venus sehingga energi tetap terperangkap. Hal ini menyebabkan suhu permukaan planet Venus luar biasa tingginya, sekitar 480 oC. Suhu ini cukup panas untuk melebur logam, misalnya aluminium.

Ukuran Venus hampir sama dengan bumi, diameternya hanya berselisih sekitar 600 km lebih kecil dari bumi. Venus mengelilingi matahari sekali putaran dalam 225 hari. Periode rotasinya 243 hari dengan arah rotasi berlawanan dengan planet-planet lain. Venus juga tidak memiliki satelit, seperti Merkurius.

4. Bumi

Bumi adalah planet ketiga dalam tata surya kita. Keadaan permukaan planet bumi sangat berbeda dibandingkan permukaan planet Merkurius dan Venus. Suhu dan tekanan di permukaan bumi memungkinkan air berada dalam wujud padat, cair, maupun gas. Bumi berdiameter sekitar 12.700 km. Rata-rata periode revolusinya 365,25 hari dan periode rotasinya sekitar 24 jam. Bumi memiliki satu satelit, yaitu bulan.

5. Mars

Mars merupakan planet keempat dari matahari. Mars berukuran lebih kecil dari bumi, diameternya sekitar 6.800 kilometer. Jaraknya dari matahari sekitar 228 juta kilometer, dengan periode revolusi 687 hari, dan berotasi dengan periode sekitar 24,6 jam.

Untuk menyelidiki permukaan planet Mars, bukan manusia yang dikirim ke sana melainkan robot kecil Amerika Serikat, yaitu Viking 1 dan Viking 2. Dari hasil penyelidikan terdapat tanda-tanda bahwa pada masa lalu di Mars ada air (cairan). Mars memiliki dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos.

6. Yupiter

Yupiter adalah planet kelima dalam tata surya kita dan merupakan planet terbesar. Garis tengah Yupiter 142.860 km, volumenya sekitar 1.300 kali volume bumi. Meskipun letaknya jauh, Yupiter lebih mudah dilihat karena dua hal, yaitu ukurannya sangat besar dan memantulkan lebih dari 70% cahaya matahari yang diterimanya. Bandingkan dengan bulan yang hanya memantulkan sekitar 7% cahaya yang diterimanya.

Meskipun ukurannya besar, untuk berotasi Yupiter hanya membutuhkan waktu rotasi 9,8 jam; sekitar 2,5 kali lebih cepat dibandingkan bumi. Periode revolusinya sekitar 12 tahun. Gas berwarna merah berputar lambat mengelilingi tengah-tengah planet Yupiter. Ini membentuk ikat pinggang merah raksasa yang dapat menghasilkan badai besar di permukaan Yupiter. Yupiter memiliki 16 satelit, beberapa di antaranya lebih besar dari Pluto. Empat di antara satelit-satelit Yupiter adalah Io, Eropa, Ganymeda, dan Calisto.

7. Saturnus

Saturnus merupakan benda langit yang sangat mempesona karena cincin-cincinnya. Cincin Saturnus kelihatan lebih lebar dibandingkan cincin planet lain, karena terdiri atas ratusan cincin-cincin kecil. Cincin kecil tersusun dari gas beku dan butiran-butiran debu. Keindahan Saturnus ini tidak begitu menonjol karena letaknya sangat jauh. Saturnus berjarak 1.428 juta kilometer dari matahari, jarak ini hampir 10 kali jarak bumi-matahari.

Saturnus berdiameter sekitar 120.000 kilometer, jadi merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Periode revolusinya 29,5 tahun; sedangkan periode rotasinya sangat cepat yaitu 10,6 jam. Karena kerapatannya rendah dan berotasi cepat menyebabkan Saturnus bentuknya pipih. Saturnus memiliki 21 satelit, yang terbesar yaitu Titan.

8. Uranus

Uranus berotasi pada sumbu yang sebidang dengan bidang edarnya mengelilingi
matahari. Hal ini berbeda dengan planet-planet lain. Uranus berotasi dalam waktu 11 jam dan berevolusi dalam waktu sekitar 84 tahun. Jarak Uranus dari matahari sekitar 2.870 juta kilometer, karena itu Uranus menjadi planet ketujuh setelah Saturnus dalam tata surya kita. Diameter Uranus sekitar 50.100 kilometer. Uranus memiliki 5 satelit, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. Sebagaimana Saturnus, Uranus juga dikelilingi cincin-cincin.

9. Neptunus

Neptunus merupakan planet kedelapan dalam tata surya kita. Jaraknya dari matahari sekitar 4.500
juta km. Untuk sekali putaran mengelilingi matahari, Neptunus membutuhkan waktu 165 tahun. Periode rotasinya 16 jam. Diameter Neptunus hampir empat kali diameter bumi, yaitu sekitar 48.600 km. Neptunus memiliki delapan satelit, dua diantaranya adalah Triton dan Nereid.

10. Pluto

Telah disepakati secara internasional bahwa Pluto bukanlah planet.

Benda langit Lain:

1. Sabuk Asteroid

Sabuk Asteroid terbentang di antara planet Mars dan planet Yupiter. Sabuk asteroid terbentuk oleh benda-benda kecil semacam planet, yang juga tersusun atas gas beku dan debu, misalnya Ceres. Meskipun disebut benda kecil, sebenarnya benda-benda tersebut memiliki diameter ratusan kilometer, misalnya Ceres diameternya sekitar 770 km.

Di dalam asteroid, sekarang telah ditemukan lebih dari 50.000 benda kecil semacam Ceres. Seandainya tidak dekat dengan Yupiter, sabuk asteroid mungkin telah menjadi planet. Gaya gravitasi dari Yupiter yang sangat besar tak memungkinkan materi asteroid berubah menjadi planet.

2. Komet

Komet tersusun dari debu dan gas beku seperti es. Komet memiliki inti kecil yang kadang-kadang
terang seperti bintang saat melintas dekat dengan matahari. Inti tersebut dikelilingi kabut, biasanya disebut koma, dan gabungan inti dengan koma membentuk kepala komet.

Sewaktu kepala komet mendekati matahari, energi matahari menguapkan bagian inti kemudian bercampur kabut. Kabut tersebut terdorong gaya radiasi matahari membentuk ekor komet (sehingga komet acapkali disebut bintang berekor). Karena itulah ekor komet selalu menjauhi matahari. Berdasarkan pengamatan, komet selalu muncul secara periodik. Misalnya komet Halley muncul setiap 75 atau 76 tahun sekali. Komet Halley muncul terakhir tahun 1986 dan diperkirakan muncul lagi tahun 2016 atau 2062.

3. Meteor

Di ruang angkasa banyak terdapat benda padat yang bergerak berterbangan tidak beraturan. Benda-benda tersebut mungkin berasal dari serpihan asteroid, serpihan ekor komet, atau pecahan benda-benda langit lain. Karena mendapat pengaruh gaya gravitasi bumi, serpihan-serpihan benda langit tersebut bergerak melesat ke arah bumi, dan terbakar karena gesekan dengan materi atmosfer. Timbullah nyala terang terlihat seperti bintang beralih (berpindah), itu yang disebut meteor. Umumnya meteor habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi, namun ada meteor yang ukurannya sangat besar sehingga sampai di permukaan bumi, disebut meteorit. Contoh meteorit yang jatuh di Greenland dan Arizona Amerika Serikat.

Sumber-sumber Tegangan Listrik (Elemen)

a. Elemen volta

Tahun 1800 Alessandro Volta menemukan dua buah logam yang berbeda jenisnya diletakkan dalam bak berisi larutan elektrolit, maka akan timbul beda potensial antara kedua logam itu.

Lempeng tembaga dan seng diletakkan dalam bejana berisi asam sulfat encer. Reaksi kimia yang terjadi menyebabkan elektron terkumpul pada lempeng seng, akibatnya seng berfungsi sebagai kutub negatif. Sebaliknya lempeng tembaga sebagai kutub positif. Jika elemen volta digunakan sebagai sumber tegangan, maka timbul gelembung-gelembung gas. Gelembung ini menghalangi aliran muatan, sehingga harus terus-menerus dihilangkan. Oleh karena itu, elemen volta tidak praktis digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

b. Baterai (sel kering)

Baterai terdiri atas wadah seng yang berisi pasta kimia dengan batang karbon menggantung di
tengah-tengah pasta itu. Pasta tersebut berupa senyawa kimia MnO2 dan NH4Cl.

Jika kutub-kutub baterai dihubungkan dalam rangkaian, terjadi reaksi kimia dalam pasta dan seng. Sebagai hasilnya, elektron-elektron terkumpul pada seng, menyebabkan seng berlaku sebagai kutub negatif, dan batang karbon yang terletak pada pasta berlaku sebagai kutub positif. Beda potensial antara kutub-kutub baterai ini sebesar 1,5 volt. Apabila baterai digunakan, lama-kelamaan muatan yang terkumpul pada seng semakin sedikit, dan beda potensialnya menurun. Pada keadaan ini baterai biasanya dikatakan “habis” dan tidak dapat dipakai lagi. Karena bersifat sekali pakai, baterai dengan elektroda karbon dan seng disebut elemen primer.

c. Aki (sel basah)

Aki sering disebut sel basah. Sel basah terdiri atas dua lempeng logam yang berbeda diletakkan dalam cairan elektrolit. Sebagai contoh, lempeng logam pada aki mobil adalah timbal (Pb) dan timbal peroksida (PbO2) yang terletak dalam larutan asam sulfat (H2SO4). Reaksi kimia yang terjadi menyebabkan elektron terkumpul pada timbal, sehingga timbal sebagai kutub negatif dan timbal peroksida sebagai kutub positif.

Aki mobil umumnya mengandung 6 sel, tiap sel menghasilkan beda potensial 2 volt. Oleh karena itu, beda potensial yang dihasilkan aki mobil sebesar 12 volt. Jika digunakan, maka timbal dan timbal peroksida berangsur-angsur berubah menjadi timbal sulfat. Kedua kutub aki tersebut akhirnya tidak memiliki beda potensial lagi.

Dibandingkan baterai seng karbon, aki memiliki keunggulan, yaitu dapat diisi ulang. Caranya dengan mengalirkan arus listrik melalui aki tersebut dari sumber tegangan lain dengan arah terbalik. Dengan cara ini, maka timbal sulfat tersebut kembali lagi menjadi timbal dan timbal peroksida, maka aki siap dipakai lagi. Kemampuan aki yang dapat dipakai berulang-ulang dengan cara diisi lagi menjadikan aki tergolong sebagai elemen sekunder.